Peduli Terhadap Remaja Zaman Now, Fakultas Syariah IAIN Samarinda Gelar Talkshow

SAMARINDA, IAIN NEWS- Fakultas Syariah IAIN Samarinda semakin menunjukkan gaungnya dengan melakukan kerjasama-kerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat. Kali ini, Fakultas Syariah IAIN Samarinda bekerjasama dengan Komisi Pemberdayaan Perempuan Remaja dan Keluarga (PPRK) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Timur mengadakan acara Talkshow dengan Tema Membaca Fenomena Remaja Generasi Zaman Now. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Bumi Senyiur Jalan Pangeran Diponegoro, Samarinda (17/02/2018).

Pada kegiatan rutin bulanan MUI ini, dihadiri oleh Ketua Umum MUI Provinsi Kalimantan Timur, Drs. KH. Hamri Has beserta jajaran pengurus MUI Kaltim lainnya, H. Yos Soetomo selaku shohibul bait yang secara rutin memfasilitasi kegiatan MUI Prov. Kaltim setiap bulannya di Hotel Bumi Senyiur, Perwakilan dari Kanwil Kementerian Agama Republik Indonesia Prov. Kaltim, para mahasiswa dari berbagai Universitas, para siswa dari berbagai sekolah, serta para Alumni Program Kaderisasi Ulama (PKU) Gontor utusan MUI Kaltim.

Hadir sebagai pembicara pada acara Talkshow ialah Dr. H. Akhmad Haries, M.SI, dan Sulung Najmawati Zakiah, SHI, MH, yang keduanya adalah dosen Fakultas Syariah IAIN Samarinda. Juga hadir sebagai pemberi testimoni ialah Mohammad Hanief Sirajulhuda, SH, Alumni Fakultas Syariah IAIN Samarinda, Kartika Utami Alumni PKU Gontor utusan MUI Kaltim, dan M. Riduan, S.HI, calon Hakim yang juga adalah Alumni Fakultas Syariah IAIN Samarinda.

Dalam pemaparannya, Dr. H. Akhmad Haries, M.SI menyampaikan, “Anak-anak remaja zaman now perlu lebih semangat lagi dan rajin dalam belajar. Karena, tantangan zaman now ini semakin penuh tuntutan. Selain perlu membina diri dengan serius belajar dalam pendidikan formal, juga yang lebih penting dari itu ialah melengkapi diri dengan berbagi skill. Sebab jika hanya mengandalkan pendidikan formal semata, tentu akan dapat tersingkir dalam persaingan,” tuturnya.

Senada dengan penyampaian di atas, Sulung Najmawati Zakiah, SHI, MH, juga menyerukan, “Di zaman yang penuh dengan berbagai krisis moral saat ini, anak-anak remaja zaman now perlu menumbuhkan niat dan tekad yang kuat dalam penggemblengan diri agar menjadi remaja yang baik. Hal tersebut mesti diawali dengan hidup di lingkungan yang mendukung hal-hal yang positif dan bermanfaat. Misalnya, mengikuti komunitas-komunitas yang positif, seperti; komunitas penulis, komunitas peduli lingkungan, dan sebagainya,” ungkapnya.

Ketika dihubungi oleh tim Humas IAIN Samarinda, Dr. Hj. Darmawati M.Hum, Dekan Fakultas Syariah IAIN Samarinda, menyampaikan, “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami, Fakultas Syariah IAIN Samarinda, terhadap remaja zaman now. Diharapkan melalui kegiatan ini remaja-remaja dapat lebih merasa terperhatikan, sehingga mereka dapat mengembangkan diri sesuai dengan minat bakat mereka di tengah krisis moral yang tengah melanda saat ini,” pungkasnya.#Hanief

News Reporter
“Terdepan Dalam Pengembangan Peradaban Keislaman Pada Kajian Syariah Dan Hukum Yang Berbasis Pluralitas Keindonesiaan”