Akreditasi Perdana, Prodi HTN Optimis

SAMARINDA-IAIN NEWS, Hari Jumat (16/03/18) merupakan moment paling bersejarah bagi Program Studi Hukum Tata Negara (HTN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Pasalnya, Hari ini, pada Prodi HTN dilaksanakan Asesmen Lapangan Akreditasi oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yaitu; Dr. Ahmad Yani Ansori, M.Ag dari UIN Yogyakarta dan Dr. H. Kuat Puji Prayitno, SH, M.Hum dari Universitas Jenderal Soedirman. Kegiatan tersebut bertempat di ruangan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Fakultas Syariah IAIN Samarinda.

Pada pembukaan akreditasi ini langsung dihadiri oleh Rektor IAIN Samarinda, Dr. H. Mukhammad Ilyasin, M.Pd, Kepala Biro AUAK IAIN Samarinda, Para Wakil Rektor I, II, dan III, Direktur Pascasarjana, Kepala Perpustakaan, Kepala Unit Pengembangan Bahasa, Para Dekan, Para Wakil Dekan, dan para dosen di lingkungan IAIN Samarinda.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Samarinda, Dr. H. Mukhammad Ilyasin, M.Pd menyampaikan harapannya kepada para assessor mudah-mudahan IAIN Samarinda khususnya Prodi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah IAIN Samarinda menjadi semakin lebih baik kedepannya.

“Sebelumnya telah dilaksanakan akreditasi untuk Prodi Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dan Prodi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana, yang sama-sama mendapat nilai akreditasi A. Maka, semoga akreditasi kali ini, Prodi Hukum Tata Negara juga mendapatkan nilai A. Saya mewakili pimpinan dan keluarga besar IAIN Samarinda menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para asesor yang akan melaksanakan tugas yang sangat mulia, karena berimplikasi kepada persoalan kepercayaan masyarakat terhadap kampus kita”, tutur Rektor.

Selanjutnya, Dr. Ahmad Yani Ansori, M.Ag, menyampaikan, “BAN-PT sebagai lembaga resmi yang berhak mengakreditasi prodi-prodi, mempunyai ukuran dan kriteria tersendiri dalam melakukan penilaian akreditasi. Maka, kami sebagai tim asesor akan menjalankan tugas sebaik-baiknya sebagaimana yang diamanahkan oleh BAN-PT kepada kami”, jelasnya.

Ketika dihubungi oleh Humas IAIN Samarinda, Ketua Prodi HTN, Suwardi Sagama, SH, MH, mengungkapkan, “Akreditasi kali ini adalah akreditasi perdana bagi Prodi HTN. Berbagai persiapan telah dilakukan. Harapannya, semoga akreditasi ini dapat berjalan sukses dan hasilnya juga dapat sesuai harapan. Sehingga kedepannya dapat memberikan semangat bagi kami semua dalam membesarkan Prodi HTN, akhirnya dapat lebih bermanfaat kepada masyarakat,” pungkasnya.#Hanief

News Reporter
“Terdepan Dalam Pengembangan Peradaban Keislaman Pada Kajian Syariah Dan Hukum Yang Berbasis Pluralitas Keindonesiaan”