FASYA LAKSANAKAN WORKSHOP PENYELIA HALAL

Bertempat di Aula Rumah Jabatan Walikota Samarinda, 20 September 2018/10 Muharram 1440 H. Fakultas Syariah (Fasya) IAIN Samarinda menggelar Workshop Penyelia Halal yg bertemakan “Peran Penyelia Halal Terhadap Sertifikasi Jaminan Produk Halal di Kalimantan Timur”. Kegiatan ini diikuti peserta aktif yakni 100 orang yg terdiri dari mahasiswa Prodi Hukum Keluarga, Prodi Hukum Ekonomi Syariah dan Prodi Hukum Tata Negara (Siyasah).

Acara dipandu oleh tiga MC dengan tiga Bahasa; Indonesia , Arab dan Inggris dari mahasiswi Fakultas syariah. Kegiatan Workshop ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Syariah, H. Murjani, S.Ag., SH., MH dan dihadiri oleh para dosen, pejabat struktural dan fungsional serta sivitas akademika Fakultas Syariah (Fasya).

Pada Workhsop Penyelia Halal ini Fasya menghadirkan empat (4) narasumber yg memiliki kompetensi keilmuwan yg mumpuni dibidangnya, yakni
Marwati, S.TP, MP., yang membicarakan tentang Prosedur Jaminan Produk halal yang berlaku di LLPOM MUI, Dr. Aswita Emmawati, S. TP, M. S. I, yang mengupas tentang Peran Penyelia Halal dalam Sertifikasi Jaminan Produk Halal, Marjan Wahyuni, M.Kes yg mengulas tentang “Prosedur Penyelia Halal dan Perannya dalam Sertifikasi Jaminan Produk Halal, dan Reni Hidayati, S.Ag., S.H., M.H.I yang mengupas tentang UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Dalam sambutannya Wakil Dekan 1 memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana yakni Hervina, M.Ag, selaku ketua dan Maisyarah Rahmi. Hs, Lc. MA sebagai sekretaris serta seluruh panitia pelaksana yang telah mensukseskan acara ini. Apresiasi juga kepada mahasiswa yang mengikuti acara tersebut, dan berharap agar mahasiswa memahami betapa urgen peran penyelia halal dalam sertifikasi produk halal. dan ke depannya alumni Fasya dapat berperan sebagai penyelia halal LP POM MUI.
“Penyelia Halal ini merupakan salah satu profesi dibidang jaminan produk halal, yang mana sebuah perusahaan atau restoran ingin mengajukan sertifikat halal pada produk yang di produksi maka dianjurkan untuk memiliki” Penyelia Halal” yaitu orang yang menjadi Auditor Halal pada jaminan produk yang diproduksi oleh sebuah perusahaan tersebut” jelas Dr. Aswita.

Acara workshop ini dimoderatori oleh yanti Haryani. S. H. I,. M. H, yang memandu acara dengan aktif dan dibanjiri pertanyaan karena keantusiasan peserta yang luar biasa.

Workhsop Penyelia Halal ini berlangsung aktif dan komunikatif, juga meriah karena dihibur dengan tarian Aceh “Ranup Lampuan” yang berpadu budaya lokal Kaltim oleh para mahasiswi Fasya, yang tergabung dalam Pusat Pengembangan Bakat Fakultas Syariah yang dilatih oleh Maisyarah Rahmi, Hs, Lc. MA.

“insyalah kita akan terus melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan Jaminan produk halal, disamping meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang produk halal juga kesadaran terhadap penggunaan produk yang bersertifikat halal” tutup sekretaris panitia.

News Reporter
“Terdepan Dalam Pengembangan Peradaban Keislaman Pada Kajian Syariah Dan Hukum Yang Berbasis Pluralitas Keindonesiaan”