FASYA GELAR KULIAH UMUM DAN PELANTIKAN MPW. HISSI
PROV. KALTIM

Sekitar 300 orang mahasiswa baru Fakultas Syariah yang terdiri dari program studi Hukum Keluarga, Hukum Ekonomi Syariah, dan Hukum Tata Negara serius memperhatikan pemaparan guru besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. H.Muhammad Amin Suma, SH., MA., MM, yang diundang menjadi narasumber pada kuliah umum Fakultas Syariah dengan mengusung tema “Revitalisasi dan Internalisasi Syariah : menjawan tantangan alumni fakultas syariah di era milenial” yang dilaksanakan di Aula Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (02/10/2018). Kuliah Umum dibuka oleh Rektor IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Samarinda, Dr. H. M. Ilyasin, M.Pd.
Ketua panitia pelaksana Dr. H. Akhmad Haries, M.S.I dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta yang hadir adalah seluruh mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019, panitia mempersiapkan acara ini dengan maksimal, karena pada saat acara berlangsung dirangkai dengan pelantikan Majelis Pengurus Wilayah Himpunan Ilmuan dan Sarjana Syariah Indonesia (HISSI) Provinsi Kalimantan Timur dan juga dihibur oleh grup kesenian mahasiswa Fakultas Syariah yakni tari Cindai dan tari Saman dengan budaya kearifan lokal.
Dekan Fasya Dr. Darmawati, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana yang telah mempersiapkan acara ini dengan maksimal serta mendapatkan kehormatan karna acara kuliah umum Fasya ini dihadiri Ketua Umum MUI Prov. Kaltim, Ketua MUI Kota Samarinda, Rektor IAIN Samarinda, para wakil Rektor, para Dekan serta para pimpinan di IAIN Samarinda, tak kalah penting jg dihadiri ketua PTUN Samarinda, Ketua BNN Prov. Kaltim, Kepala Kemenag Prov. kaltim, Ketua Pengadilan Negeri Samarinda dan Kepala P2TP2A Prov. Kaltim. Tema kuliah umum ini sangat pas diangkat mengingat tantangan alumni Fasya semakin kompetitif karena gelar kesarjanaan alumni fakultas syariah sejak tahun 2016 adalah SH (Sarjana Hukum), maka prospek atau peluang kerja bagi alumni fakultas syariah semakin luas, diantaranya sebagai hakim di Peradilan Umum, Kejaksaan, Kementerian Hukum dan HAM dan beberapa instansi lainnya, untuk itu berbagai penguatan dilakukan baik pada bidang kurikulum Ilmu Hukum maupun Ilmu Syariah.
Kuliah Umum ini dibuka oleh Rektor IAIN Samarinda, dalam sambutannya Rektor memberikan apresiasi kepada Fakultas Syariah, karena terus berekspansi dengan mendirikan lembaga-lembaga non struktural yang saat ini bertambah denga hadirnya sebuah organisasi yakni HISSI Kaltim. Sebelumnya itu ada APSI (Assosiasi Pengacara Syariah Indonesia) Kalimantan Timur dan Lembaga lainnya yang tentunya ini dalam rangka menunjang pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menunjang akreditasi Institusi maupun program studi di IAIN Samarinda.Tak lupa disela sambutannya beliau berpantun :
Martapura terkenal dengan intan dan berlian
manik dan batu terkenal di Balikpapan
walaupun banyak Universitas pilihan
Namun kuliah di IAIN yang pas untuk masa depan

Tidaklah batang sembarang batang
Batang kelapa memang berisi
Bukanlah datang sembarang datang
Yang datang Prof. Amin Suma yang selalu memberi inspirasi

Seraya disambut tepuk tangan yang meriah dari peserta dan tamu undangan. (Fasya)

News Reporter
“Terdepan Dalam Pengembangan Peradaban Keislaman Pada Kajian Syariah Dan Hukum Yang Berbasis Pluralitas Keindonesiaan”