Profil
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Fakultas Syariah
IAIN Samarinda
A. Sejarah Berdiri
Berawal dari sebuah gagasan pemikiran pada tahun 2003 untuk membangun Pusat Studi Syariah yang di dalamnya terdapat Lembaga Bantuan Hukum (LBH), maka gagasan tersebut di sampaikan kepada Ketua STAIN Samarinda dan pada bulan Desember tahun 2007 rapat pembentukan LBH & HAM STAIN Samarinda di setujui oleh Ketua STAIN Samarinda yang pada waktu itu di jabat oleh Prof. Dr. H. Abdul Hadi, M.A. dan pada tanggal 04 Januari 2008 terbitlah Surat Keputusan (SK) Ketua STAIN Samarinda nomor : Sti.25/1/PP.00.9/09A/2008 tentang penetapan pengurus Lembaga Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Jurusan Syariah STAIN Samarinda, pada waktu itu yang menjabat sebagai ketua adalah H. Murjani, S. Ag., SH., MH. untuk masa periode 2008-2010, kemudian pada tahun 2011 H. Murjani, S. Ag., SH., MH. terpilih kembali menjadi ketua LBH dan HAM STAIN Samarinda berdasarkan Surat Keputusan (SK) nomor 38 tahun 2011, pada tahun 2015 LBH dan HAM STAIN Samarinda melakukan perubahan kepengurusan dan M. Noor., S. Ag., SH., M. Kn terpilih menjadi Direktur LBH Fakultas Syariah IAIN Samarinda, berdasarkan surat keputusan yang di keluarkan oleh Dekan Fakultas Syariah nomor: 06 tahun 2015, dan perubahan nama LBH & HAM STAIN Samarinda berubah menjadi LBH Fakultas Syariah IAIN Samarinda.
Pada tahun 2013 LBH dan HAM STAIN Samarinda mengikuti verifikasi data untuk di Akreditasi oleh Kementrian Hukum dan HAM, usaha tersebut berhasil LBH dan HAM STAIN Samarinda terakreditasi berdasarkan surart keputusan Menteri Hukum dan HAM RI nomor : M.HH-02.HN.03.03 tahun 2013.

B. Visi
Menjadi LBH Unggulan Melalui Pendidikan dan Pelatihan, Pelayanan Konsultan dan Bantuan Hukum Masyarakat yang Bermartabat 2025.

C. Misi
1. Menyelenggarakan Jasa Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum Masyarakat
2. Mengembangkan Keterampilan dan Profesi di Bidang Jasa Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum Untuk Penguatan Kompetensi Peserta Didik dan Masyarakat Luas
3. Menggerakkan Pengabdian Pada Masyarakat dan Penelitian di Bidang Hukum.

D. Alamat Sekretariat
Jalan Abul Hasan No. 3 Komplek Kampus 1 IAIN Samarinda, Kel. Pasar Pagi, Kota Samarinda

E. Kerjasama Kelembagaan
1. Kementrian Hukum dan HAM
Bentuk kerjasama yang dilakukan antara LBH Fakultas Syariah dengan Kementrian Hukum dan HAM adalah sebagai pelaksana tugas dalam melaksanakan pekerjaan bantuan hukum bagi orang miskin dan kelompok masyarakat miskin baik yang bersifat Litigasi maupun Non Litigasi.
2. Pengadilan Agama Kelas 1-A Samarinda
Bentuk kerjasama yang dilakukan antara LBH Fakultas IAIN Samarinda dengan Pengadilan Agama Kelas 1-A Samarinda adalah berupa penempatan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) di Pengadilan Agama Kelas 1-A Samarinda yang terlaksana selama — sejak tahun —
3. Pengadilan Agama Kelas 1-B Tenggarong
Bentuk kerjasama yang dilakukan antara LBH Fakultas IAIN Samarinda dengan Pengadilan Agama Kelas 1-B Tenggarong adalah berupa penempatan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) di Pengadilan Agama Kelas 1-B Tenggarong yang terlaksana mulai tahun 2016.