Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Dr. Drs. H. Aco Nur. S. H,. M. H sambangi Fakultas Syariah IAIN Samarinda
Dr. Drs. H. Aco Nur. S. H. M. H Dirjen Badilag MA RI

Samarinda, 13 November 2019

Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Samarinda, mengadakan acara “Kuliah Umum” dengan tema “E-litigasi dan Inovasi Kreatif Badan Peradilan Agama Menjawab Tantangan Dan Hambatan Kebutuhan Pengembangan Sistem Peradilan Di Era Digital.

Ada yang istimewa Pada kuliah umum kali ini Fakultas Syariah IAIN Samarinda sangat beruntung karena dapat menghadirkan narasumber yang sangat ahli di bidang peradilan yaitu Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S. H, M. H. Beliau dengan agenda yang sangat padat, namun dapat meluangkan waktu untuk hadir pada acara kuliah umum kali ini. ini merupakan sebuah anugerah yang harus disyukuri.

Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa: “Mahkamah Agung telah meluncurkan sembilan aplikasi inovasi dari Badilag Mahkamah Agung RI yang berkaitan dengan peradilan untuk menjawab tantangan era Millenial, dimana para masyarakat yang akan berurusan di peradilan Agama, maka harus mendaftar secara online”

Bapak Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI ini juga mengajak para mahasiswa yang hadir pada kegiatan tersebut untuk bangkit, semangat, dalam menyongsong masa depan. Beliau juga menambahkan bahwa Mahkamah Agung nantinya akan menyediakan wadah pengembangan akademik dan karir dengan berbagai macam perlombaan yang bergengsi di bidang peradilan. juga mengembangkan karir untuk menampung para lulusan fakultas syariah dan hukum Di Indonesia.

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini sangatlah sistematis, mahasiswa diajak menyaksikan video peluncuran sembilan aplikasi inovasi Badilag Mahkamah Agung Republik Indonesia pada bulan Agustus 2019 yang lalu.

Pada kesempatan kali ini juga, peserta kuliah umum tidak hanya dihadiri oleh para mahasiswa fakultas Syariah, namun dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan di IAIN Samarinda dan juga Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda serta para ketua Pengadilan Agama se Kalimantan Timur, di antaranya Pengadilan Agama Samarinda, Pengadilan Agama Balikpapan, Pengadilan Agama Tenggarong, Pengadilan Agama Bontang, Pengadilan Agama Penajam, Pengadaan Agama Tanah Grogot, Pengadilan Agama Tarakan, Pengadilan Agana Berau, dan Pengadilan Sangata.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Auditorium 22 Dzulhijjah Institut Agama Islam Negeri Samarinda, Kalimantan Timur. juga dihibur dengan aneka persembahan tarian tradisional khas Kalimantan Timur yaitu tari penyambutan tamu dengan tarian dayak, juga tarian jepen lewang oleh mahasiswi Fakultas Syariah yang tergabung di Pusat Minat Bakat PUSMINBA FASYA.

Panitia sangat berharap, melalui acara ini mahasiswa termotivasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang Mahkamah Agung RI, juga terinspirasi untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan dengan mengikuti perkembangan zaman yang serba canggih.

Semoga Fakultas Syariah IAIN Samarinda terus berinovasi kreatif dalam mengembangkan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui lulusan- lulusan yang handal dan mampu mengikuti trend di zaman Millenial, terutama pada bidang peradilan.

News Reporter
“Terdepan Dalam Pengembangan Peradaban Keislaman Pada Kajian Syariah Dan Hukum Yang Berbasis Pluralitas Keindonesiaan”