Selamat Datang di Program Studi Hukum Tata Negara

Tempat menempa calon sarjana yang ahli dalam bidang tata negara

Pendidikan Terbaik Untuk Menjadi Penyelenggara Hukum Negara

Ahli dalam bidang ilmu ketatanegaraan

Profil Hukum Tata Negara

Program Studi (prodi) Hukum Tata Negara (Siyasah) adalah salah satu dari tiga Program Studi S1 yang ada di Fakultas Syariah IAIN Samarinda dan berada dalam lingkup jurusan Pidana Politik Islam.

Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) diselenggarakan dengan Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Nomor 551 Tahun 2015  tanggal 28 Januari 2015, dan memulai penerimaan mahasiswa baru sejak bulan Juni 2015.

Program studi Hukum Tata Negara ini di dirikan dengan tujuan untuk menghasilkan sarjana di bidang hukum ketatanegaraan Islam yang memiliki kompetensi akademik dan professional di dunia kerja. Lulusan Hukum Tata Negara (HTN) diharapkan dapat aktif berperan serta di masyarakat dalam bidang Hukum Tata Negara dan Ketatanegaraan Islam.

Adapun prospek lulusan Program Studi Hukum Tata Negara adalah Hakim, Panitera, Pengacara atau Advokat, Jaksa, Pegawai pada Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau Non-Governmental Organization, anggota Komisi Pemilihan Umum, Politikus, Dosen, dan profesi strategis yang lainnya.

VISI

Terdepan Dalam Pengembangan Peradaban Keislaman Pada Hukum Tata Negara Dan Ketatanegaraan Islam Berbasis Pluralitas Keindonesiaan.

MISI

Mengembangkan ilmu-ilmu keislaman di bidang Hukum Tata Negara (siyasah) dan Ketatanegaraan Islam yang unggul berorientasi pada spiritualitas, intelektualitas, dan profesionalitas;

Mengembangkan riset pada kajian Hukum Tata Negara (siyasah) dan Ketatanegaraan Islam yang relevan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat;

Mengembangkan pola pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dalam kajian Hukum Tata Negara (siyasah) dan Ketatanegaraan Islam yang berbasis pluralitas keindonesiaan.