Pada hari Rabu, 26 Mei 2021 Fakultas Syari’ah UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda mengadakan Observasi Gerhana Bulan Total bekerjasama dengan Madrasah Aliyah Negeri 2 Program Keagamaan (MAN 2 PK), dan pelaksaannya berlokasi di Masjid Al – Ma’ruf Samarinda.

Rangkaian kegiatan observasi ini dimotori oleh dosen Ilmu Falak UIN Samarinda yaitu Hj. Vivit Fitriyanti, M.S.I. dan mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) serta bapak Misbah Guru dan Siswa MAN 2 Program Keagamaan (PK) Samarinda.

Kegiatan diawali dengan Sholat Gerhana Bulan (Sholat Khusuf) yang diimami oleh Al-Ustadz Khairurrahman, S.H.I, Ustadz Abdul Syakur, Lc. M.H., bertugas sebagai Khatib, dan Al-Ustadz Nasikhin bertugas sebagai bilal.

Fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) ini secara langsung dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kota Samarinda. Berdasarkan hasil hisab, gerhana bulan ini dimulai pada pukul 16.47 WITA sebagai awal kontak penumbra, maksimum gerhana pada pukul 19.18 WITA dan akhir gerhana terjadi pada pukul 21.49 WITA, dan berdasarkan observasi pengamatan bahwa memang betul terjadinya gerhana sesuai dengan hisab yang telah diedarkan.

Dalam kegiatan ini turut hadir beberapa perwakilan dari pengurus Masjid Al-Ma’ruf yang melakukan pengamatan gerhana secara langsung, di antaranya Bapak H. Hasan Basri, Bapak Muslim, Bapak H. Darwis, Bapak Nasikhin Alex, dan Bapak H. Bahruddin.

Leave a Comment